Bandrek Bandung Resep aslinya sangat simple, original dan enak. Minuman tradisional Bandrek dan Bajigur hangat ini biasanya disajikan bersama makanan rebus seperti bakpao, seperti kacang rebus, ubi rebus, klepon, singkong rebus, dll dalam satu gerobak. Minuman hangat ini berbeda cara penyajiannya, meski sama-sama jahe, bajigur ditambah sedikit kolang-kaling (atau biasa disebut cangkaleng dalam bahasa Sunda) yang diiris tipis dengan santan dan teh kopi bubuk. Bandrek Sunda berbeda dengan Bandrek Padang atau Minang, apalagi dengan Bandrek Bengkulu.

Minuman panas bandrek dan bajigur biasanya paling cocok dinikmati saat hujan atau saat cuaca dingin, karena Bandung, Jawa Barat sering hujan dari November hingga April 2016. Selain enak, kedua minuman ini juga menyehatkan dan memiliki manfaat lebih selain dapat menghangatkan badan, mengurangi rasa lelah dan meredakan batuk, pilek dan flu, serta tubuh terasa ringan setelah minum minuman ini. Namun dibalik itu semua, masih ada orang yang kesulitan membedakan kedua minuman ini. Agar kalian tidak bingung lagi apa perbedaan Bandrék dan Bajigur. Mari kita urai perbedaannya dengan rapi.

Minuman panas ini tidak jauh berbeda dengan Bajigur, yang membedakan hanya bahan dasarnya saja. Jika bahan dasar Bandrék sederhana, hanya jahe, gula merah dan daging kelapa, atau jika sesuai bisa dicampur dengan rempah lain juga, rempah-rempah ini ditambahkan untuk memperkuat efek pemanasan yang diberikan Bandrék, seperti lemon, merica, pandan, telur ayam kampung, dll.

sedangkan Bajigur minuman khas Sunda ini didominasi santan, gula merah dan kopi bubuk plus irisan kolang kaling. Untuk menambah rasa agar semakin nikmat, campurkan juga sejumput garam dan bubuk vanila. Dibandingkan dengan Bandrék, minuman ini cenderung “lebih lembut” dan lebih manis.

Fenomena yang terjadi saat ini, Bajigur dan Bandrek kebanyakan dibuat dalam bentuk bubuk instan yang difermentasi hanya dengan menggunakan air hangat, tujuannya agar dapat dinikmati secara praktis kapan saja dan dimana saja tanpa repot membuat minuman ini secara tradisional.

Perkembangan Bandrék saat ini, setiap kota memiliki resep khasnya di kotanya masing-masing, misalnya Bandrék Medan, Bandrék Aceh, Bandrék Padang, India, dll. Begitu juga dengan penggunaan rasa yang berbeda dan variasi bahan tambahan yang berbeda yang digunakan seperti bandrek susu, bandrek telur, bandrek susu telur, bandrek jahe merah, bandrek durian, bandrek ncc, bandrek kelapa muda.

mungkin dari kalian ada yang tertarik untuk mencoba membuat resep bandrek, biar gak penasaran mimin kasih nih proses pembuatannya selamat mencoba.

Resep Bandrék

Bahan :

  • 100 gram jahe, bakar lalu memarkan
  • 200 gram gula aren yang digiling halus, sesuai selera
  • 500 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh cengkeh
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 cm kayu manis

Cara membuat Minuman Asli Bandrék :

  • Rebus air dengan bahan lain seperti gula aren, jahe, kayu manis dan daun pandan. Jangan lupa tambahkan juga garam dan cengkeh.
  • Rebus air hingga mendidih dan tercium bau harum. Jangan lupa untuk mengaduk air sesekali.
  • Buang air rebusannya lalu tiriskan.
  • Bandrék lebih nikmat disajikan panas dengan kacang rebus.

itulah sekilas resep bandrek yang bisa kamu coba bikin dirumah. tapi kalo kamu gak mau ribet, sekarang udah ada bandrek dalam bentuk kemasan botol juga sachet yang bisa kamu pesan lewat website ini, jadi makin gampang buat nikmatin rasa bandrek yang hangat dan enak ini bukan?? sampai jumpa di segmen lainnya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!