Bagi yang sudah familiar dengan minuman penghangat tubuh seperti wedang ronde, sekoteng, bajigur dan wedang uwuh, pasti sudah tidak asing lagi dengan Bandrek. Nama Bandrek sudah melebar.

Bandrek adalah minuman tradisional Sunda, Jawa Barat yang dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh. Bahan utamanya adalah jahe dan gula merah. Namun ada juga yang menambahkan bumbu untuk meningkatkan efek menghangatkan Bandrek, antara lain merica, pandan, serai, dan telur ayam kampung. Susu juga ditambahkan, tergantung selera penyajiannya.

Namun, Bandrek dari Aceh, Medan dan Jogja juga hadir. Bandrek Aceh dan bandrek Medan memiliki cita rasa yang berbeda dan berbeda dengan Bandrek di Jawa. Bandrek Medan dan Bandrek Aceh memiliki rasa yang lebih pedas dan biasanya dicampur dengan telur yang berkhasiat untuk mengembalikan stamina. Rempah-rempah seperti merica dan kayu manis juga ditambahkan. Bandrek Medan memiliki menu pelengkap yang cocok seperti ubi rebus, kacang rebus dan jagung rebus.

Bandrek sering ditemukan di angkringan wilayah Jawa. Di Bandung, Bandrek adalah salah satu daftar unggulan. Setiap restoran-restoran, kedai kopi, tersedia menu minuman ini. Kondisi cuaca yang dingin di Bandung sangat mendukung penjualan minuman Bandrek.

Minuman ini paling cocok dinikmati saat cuaca dingin seperti malam hari atau saat hujan. Saat hujan, minum Bandrek dapat membantu melindungi sistem kekebalan Anda dari batuk dan flu. Selain efek menghangatkan, Bandrek dipercaya dapat mengobati sakit tenggorokan.

Jahe adalah komponen utama Bandrek dan ramuan ini sebenarnya sangat efektif. Antioksidan dalam jahe dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh kuat dan mencegah penyakit dan bakteri patogen. Jahe yang ada di Bandrek mempengaruhi keseimbangan mikropartikel dalam sistem pencernaan manusia. Sehingga dapat membantu mencegah peradangan pada dinding usus dan memulai metabolisme.

Tak hanya teh serai yang bisa meredakan nyeri saat haid pada wanita, Kandungan jahe pada Bandrek dapat meredakan kram dan nyeri saat menstruasi. Bandrek juga berasal dari Sunda dan Medan. Namun cara membuatnya tidak rumit. Anda dapat menemukan bahan-bahannya di dapur. Bandrek yang paling mudah dibuat di rumah adalah Bandrek’s Milk. Nah, simak resepnya berikut ini.

komponen

  • 1 liter air mineral
  • 350g gula merah, sisir halus
  • Jahe yang sudah dikupas, dicuci, disangrai dan dihaluskan
  • 3 batang lemon, geprek
  • sendok makan garam
  • Kayu manis secukupnya
  • cengkeh secukupnya
  • Daun pandan secukupnya. Sekitar 20 cm, lalu ikat simpul
  • Susu kental manis dengan vanilla atau susu putih sesuai selera. Bisa juga pakai susu cair UHT biasa

Metode Pembuatan

  • Masukkan air dan gula ke dalam panci. Lalu rebus hingga mendidih
  • Setelah air mendidih, masukkan daun pandan, jahe sangrai, kayu manis, cengkeh, dan lemon. Aduk campuran hanya beberapa kali.
  • Tambahkan garam secukupnya dan aduk kembali hingga tercium bau harum dan terasa agak kental
  • Matikan api jika rasa sudah pas. Lalu angkat minuman Pandrick ini
  • Tiriskan ikat kepala saat menuangkannya ke dalam gelas agar tidak ada sisa bahan yang muncul
  • Pada tahap akhir, tambahkan susu kental manis atau susu cair UHT ke dalam Bandrek siap minum.


Bandrek sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Minuman ini tersedia dalam kemasan bubuk instan berbagai merek. Meski rasanya lokal, masyarakat modern sangat perlu melestarikan minuman ini. Bandrek isi ulang instan, Bandrek bisa tahan lama dan bisa diminum kapan saja dan dimana saja. Bisnis instan dikategorikan sebagai industri kreatif yang patut mendapat pengakuan.

Bandrek Abah adalah salah satu perusahaan spot Bandrek di Bandung. Meski fokus pada kemasan Bandrek versi botol, bahan-bahan alami tetap terjaga. Bebas dari pemanis dan pengawet buatan. Dengan cara ini, rasa Bandrek Abah tetap otentik karena seluruhnya terbuat dari bahan-bahan alami. nah buat kamu yang penasaran bisa hubungi no 081323739973 ya gengs, selamat mencoba!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!