Halo sobat Baraya piknik! buat kalian yang sering jalan-jalan atau travelling pasti ngerasa kurang kalau belum beli oleh-oleh khas daerah tersebut kan? Ngomongin soal oleh-oleh, ada yang tau gak nih apa aja yang termasuk dalam oleh-oleh khas kota Ciwidey? Kalo gitu simak penjelasan mimin berikut ya,

Stroberi dan Bandrek menjadi oleh-oleh populer dari Wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, dan sangat diminati oleh pengunjung yang datang ke daerah tersebut.

“Strawberrynya bisa dipanen sendiri atau beli paket, tinggal pilih saja,” kata Herdiana, Direktur Kebun Strawberry di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Strawberry berbagai ukuran dijual di pinggir jalan Soreang – Ciwidey – Rancabali. Harga berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per bungkus yang terbuat dari plastik. Puluhan petani stroberi menjual buah merah nan asam, dan selain dari kebun mereka juga membuka warung pinggir jalan dan di tempat-tempat wisata di kawasan Ciwidey.

Dua tempat wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Kawah Putih, Ciwalini dan Situ Patenggang yang terletak di kawasan hutan Bandung Selatan.

Selain stroberi, Bandrek Abah juga menjadi salah satu oleh-oleh yang dipuja oleh pengunjung daerah tersebut. Kemasannya yang dikemas dalam botol 800ml ini dijual dengan harga sekitar Rp20.000 per botol. Selain itu, ada juga Bandrek Box yang dijual dengan harga yang bervariasi.

“Strawberry dan Bandrek adalah oleh-oleh khas dari sini, semua asli produksi di Ciwidey,” ujarnya.

Kawasan Wisata Ciwidey merupakan salah satu kawasan wisata yang mengalami peningkatan jumlah pengunjung dan merupakan kawasan wisata alam alternatif setelah Gunung Tangkuban Parahu Kabupaten Bandung Barat.

Lain halnya di wilayah Pangalengan dan Situ Cileunca. Makanan khas setempat adalah karamel, makanan ringan yang terbuat dari susu sapi sebagai bahan bakunya. Karamel dijual dengan harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 25.000 per bungkus. Selain itu, ada juga banyak makanan dan manisan “wajit”.

“Jumlah pedagang karamel terus bertambah seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Pangalengan,” kata Ibu Dewi, salah satu pembuat karamel.

Selain 2 oleh-oleh tadi, masih ada Kalua Jeruk, Teh Rancawalini, dll. mungkin kalian akan menemukan lebih banyak jika berkunjung kesini. cukup sekian untuk segmen kali ini. buat kamu yang tinggal di daerah yang jauh bisa pesan bandrek ke no 081323739973, oke? semoga bermanfaat!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!