Bandrekabah.COM – Bandrek Abah Asli Ciwidey, Minuman khas Ciwidey yang di gadang-gadang minuman khas oleh-oleh dari Ciwidey selain olahan Kalua Jeruk Ciwidey, Bandrek Abah ini mempunyai banyak khasiat dan maaf, karena komposisi rempah-rempah alami (tanpa pengawet kimia) hal ini diuangkapkan oleh peramunya langsung H. Sobana di dalamnya mengandung jahe emprit pilihan yang kaya akan manfaat.

6 Manfaat Jahe Emprit bagi Kesehatan, Sebagai Anti Kanker hingga Atasi Nyeri – Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang dikenal luas di Indonesia sebagai obat tradisional. Jahe (Zingiber officinale rosc) pada mulanya berasal dari Asia Pasifik yang kemudian tersebar dari India hingga daratan China.

Ada tiga jenis jahe yang dikenal di Indonesia, yaitu jahe merah, jahe putih, dan jahe putih kecil. Jahe putih kecil atau jahe emprit ini dikenal dengan nama latin Zingiber officinale var. amarumdengan bobot rimpang berkisar antara 0,5-0,7 kg/rumpun.

Struktur rimpangnya kecil dan berlapis-lapis. Daging rimpangnya berwarna putih kekuningan. Tinggi rimpang mencapai 11 cm dengan panjang antara 6-30 cm. Ruas jahe ini kecil dan agak rata sampai agak sedikit menggembung. Jahe ini dipanen setelah berumur tua.

Berikut manfaat jahe emprit bagi kesehatan manusia apabila dikonsumsi sehari-hari dilansir dari berbagai jurnal:

  1. Memiliki Senyawa Anti Kanker
    Manfaat jahe emprit yang pertama yaitu memiliki senyawa anti kanker.

Menurut sebuah penelitian, jahe emprit (Zingiber officinale var Amarum) merupakan bahan alami yang banyak mengandung komponen fenolik aktif seperti sogaol, gingerol, dan gingerone yang memiliki efek antioksidan di atas Vitamin E dan sebagai anti kanker.

  1. Memiliki Efek Anti Bakteri dan Jamur
    Manfaat jahe emprit selanjutnya yaitu memiliki efek anti bakteri dan jamur yang dapat melawan patogen penyebab penyakit. Ekstrak jahe emprit mengandung senyawa monotepenoid yang banyak dimanfaatkan sebagai antiseptik, ekspektoran, spasmolitik, dan bahan pemberi aroma makanan dan parfum.

Menurut sebuah jurnal penelitian, senyawa-senyawa metabolit sekunder golongan fenolik, flavonoid, terpenoid, dan minyak atsiri yang terdapat pada ekstrak jahe merupakan golongan senyawa bioaktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan diantaranya bakteri Escherichia coli, Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, jamur Neurospora sp, Rhizopus sp. dan Penicillium sp.

Bakteri Escherichia coli adalah bakteri penyebab infeksi saluran pencernaan dari diare ringan hingga yang lebih kronis.

  1. Mengurangi Nyeri Otot
    Jahe telah terbukti efektif melawan nyeri otot akibat olahraga. Dalam satu penelitian, mengonsumsi 2 gram jahe putih per hari, selama 11 hari, secara signifikan mengurangi nyeri otot pada orang yang melakukan latihan siku.

Jahe tidak memiliki dampak langsung, tetapi diduga efektif untuk mengurangi perkembangan nyeri otot sehari-hari.

Efek ini diyakini dimediasi oleh sifat anti-inflamasi.

  1. Meredakan Pilek atau Flu
    Banyak orang menggunakan jahe untuk membantu memulihkan diri dari pilek atau flu. Namun, bukti yang mendukung obat ini sebagian besar anekdotal.

Pada 2013, para peneliti mempelajari efek jahe putih segar dan kering pada satu virus pernapasan dalam sel manusia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe putih segar dapat membantu melindungi sistem pernapasan, sedangkan jahe putih kering tidak memiliki dampak yang sama.

Setahun berselang, sebuah penelitian kecil dilakukan untuk menyelidiki popularitas obat herbal untuk pengobatan.

Setelah melakukan pemungutan suara kepada 300 pelanggan farmasi di dua lokasi yang berbeda, para peneliti menentukan bahwa 69% dari mereka yang disurvei menggunakan jamu mengaku bahwa obat hebat efektif untuk pengobatan.

  1. Mengurangi Peradangan
    Satu kelompok peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi jahe melalui mulut cukup manjur dan aman untuk mengobati peradangan yang disebabkan oleh osteoartritis.

Namun, mereka mencatat bahwa studi yang dimasukkan dalam meta-analisis mereka kecil dan mungkin tidak mewakili populasi umum.

Sementara itu, pada 2017 terdapat tinjauan dari 16 uji klinis ditentukan bahwa sifat fitokimia dalam jahe dapat memerangi peradangan. Para penulis ini juga menyerukan penelitian lebih lanjut mengenai dosis dan jenis ekstrak jahe yang paling efektif.

  1. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Ada beberapa bukti bahwa ekstrak jahe dapat membantu penyakit kardiovaskular.

Misalnya, satu ulasan menemukan bahwa dosis 5 g atau lebih dapat menyebabkan aktivitas antiplatelet yang signifikan dan bermanfaat.

Para peneliti mengakui bahwa banyak penyelidikan yang termasuk dalam analisis mereka tidak melibatkan peserta manusia atau bahwa jumlah peserta terlalu kecil untuk memastikan hasil yang dapat diandalkan.

Namun, mereka mengatakan bahwa, dengan penelitian lebih lanjut, jahe bisa menjadi bentuk pengobatan yang aman untuk penyakit kardiovaskular.

Sementara itu, satu studi kecil menemukan bahwa ekstrak jahe membantu mengurangi terjadinya kelainan jantung di antara tikus dengan diabetes. Para penulis mencatat bahwa pengurangan ini sebagian berasal dari sifat antioksidan dari ekstrak.

Selain itu komposisi disusul oleh : Gula Aren, Lada, Pala dan Kayu Manis

6 Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan Tubuh
Lada hitam sering digunakan untuk menambahkan rasa pedas pada makan. Ternyata selain meningkatkan rasa makanan, rempah ini mengandung berbagai senyawa aktif yang menyehatkan tubuh. Apa saja manfaat lada hitam untuk kesehatan?

Sekilas mengenai lada hitam
Lada hitam berasal dari tanaman dengan nama latin Piper nigrum. Bentuknya bulat kecil dan bila dimakan akan terasa pahit, panas, dan pedas di mulut.

Biasanya, bumbu dapur ini digunakan untuk menggantikan cabai atau ditambahkan agar makanan jadi terasa pedas.

Berdasarkan data Nutrition Value, lada hitam mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, dan vtamin K serta mineral penting, meliputi kalium, kalsium, tembaga, zat besi, dan mangan.

  1. Berpotensi mengurangi peradangan
    Peradangan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mencoba melawan penyakit.

Manfaat lada hitam untuk kesehatan
Nah, dari nutrisi tersebut dapat disimpulkan bahwa mengomsumsi lada hitam dapat memberikan manfaat pada kesehatan. Berikut khasiat lada menurut studi pada jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition di bawah ini.

Kondisi ini biasanya muncul secara alami, terutama saat Anda terluka. Dengan adanya peradangan, tubuh akan mencoba memperbarui sel sehingga Anda jadi cepat pulih.

Sayangnya, ada peradangan yang terjadi dalam jangka panjang. Peradangan seperti ini dapat memicu berkembangnya penyakit rheumatoid arthritis, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson.

Studi menunjukkan bahwa lada hitam memiliki senyawa aktif yang bersifat antiinflamasi (antiradang). Caranya, dengan menghambat produksi enzim tertentu yang menyebabkan peradangan di tubuh.

  1. Membantu melawan radikal bebas
    Lada hitam mengandung antioksidan yang memberi manfaat pada tubuh dalam melawan radikal bebas.

Pada studi ini diketahui bahwa ada aktivitas senyawa antioksidan piperine pada lada hitam, yang menghambat kerja radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel, protein, dan DNA sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kanker, penuaan dini, dan aterosklerosis.

Anda bisa terpapar radikal bebas dari berbagai sumber, seperti polusi, asap rokok, sinar matahari, dan bahan kimia pabrik.

  1. Berpotensi melawan infeksi bakteri
    Infeksi pada tubuh tidak hanya disebabkan oleh virus maupun jamur, tapi juga bakteri. Nah, lada hitam menjadi salah satu rempah yang memiliki manfaat untuk menghentikan pertumbuhan bakteri tertentu.

Studi menemukan bahwa ekstrak lada hitam dapat menghambat penyebaran bakteri Staphylococcus, Bacillus, dan Streptococcus.

Bakteri tersebut jika menginfeksi tubuh dapat menyebabkan sepsis (infeksi bakteri dalam darah), impetigo (infeksi bakteri pada folikel kulit), radang tenggorokan, dan meningitis.

Sifat antibakteri dari lada hitam ini juga bisa digunakan pada makanan agar tidak mudah membusuk.

  1. Meningkatkan sistem pencernaan
    Pada pengobatan tradisional, lada hitam digunakan untuk mengobati gangguan pada sistem pencernaan.

Senyawa piperine yang terkandung pada lada hitam dapat membantu produksi enzim dan meningkatkan penyerapan nutrisi kalium, selenium, vitamin B, beta-karoten, dan ion metionin di usus.

Manfaat lada hitam tidak itu saja, bahan aktifnya juga dapat melindungi selaput usus dari stres oksidasi dan hasil sekresi lambung.

  1. Menjaga kesehatan otak
    Otak adalah sistem saraf pusat yang mengatur semua kinerja tubuh. Semakin bertambah tua usia seseorang atau adanya masalah membuat fungsi otak jadi menurun.

Diketahui bahwa senyawa aktif piperine pada lada hitam memiliki efek tidak jauh berbeda dengan antidepresan, yakni dapat mengurangi stres.

Selain antioksidan yang terkandung pada lada hitam juga membantu fungsi otak jadi lebih baik.

  1. Berpotensi mencegah kanker
    Manfaat lada hitam selanjutnya yaitu memiliki potensi untuk mencegah kanker. Kanker merupakan kondisi sel abnormal yang dapat menyerang sel maupun jaringan yang ada di dalam tubuh.

Senyawa piperine pada lada hitam diketahui memiliki sifat antikanker. Piperine dapat mengendalikan protein tertentu yang bertugas mengatur siklus sel di tubuh agar tetap sehat.

Kemudian, senyawa ini juga melindungi usus besar dari pertumbuhan sel kanker dengan mengurangi aktivitas β-glucuronidase dan mucinase, yakni enzim di saluran pencernaan.

Pala adalah rempah-rempah populer yang terbuat dari biji Myristica fragrans, yakni pohon tropis asli Indonesia. Pala dapat ditemukan dalam bentuk biji utuh, tetapi paling sering dijual sebagai bumbu giling. Melansir dari Healthline, pala memiliki rasa hangat, sedikit pedas, dan sering digunakan dalam makanan penutup dan kari.

Selain itu, pala juga sering disajikan dalam minuman, seperti anggur dan teh chai. Meskipun pala lebih umum digunakan karena rasanya daripada manfaat kesehatannya, pala mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat pala bagi kesehatan.

  1. Mengandung antioksidan kuat Meski berukuran kecil, sebuah penelitian berjudul “Chemical diversity and pharmacological significance of the secondary metabolites of nutmeg (Myristica fragrans Houtt.)” menunjukkan, biji pala kaya akan senyawa tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ketika tingkat radikal bebas menjadi terlalu tinggi dalam tubuh, stres oksidatif terjadi. Kondisi ini dapat menyebabkan banyak penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Antioksidan menetralkan radikal bebas, mencegah kerusakan sel, dan menjaga kadar radikal bebas tetap terkendali.

2. Memiliki sifat anti-inflamasi Peradangan kronis dapat menyebabkan beberapa kondisi yang merugikan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan radang sendi. Baca juga: 6 Manfaat Saffron, Rempah Paling Mahal di Dunia Pala kaya akan senyawa anti-inflamasi yang disebut monoterpen, termasuk sabinene, terpineol, dan pinene. Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh dan mampu mengatasi peradangan. Terlebih lagi, beragam antioksidan yang ditemukan dalam rempah-rempah, seperti sianidin dan senyawa fenolik, juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Satu studi berjudul “Nutmeg oil alleviates chronic inflammatory pain through inhibition of COX-2 expression and substance P release in vivo” menunjukkan, tikus yang mengalami peradangan kondisinya membaik setelah disuntikkan minyak dari ekstrak pala. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki efek anti-inflamasi pada manusia.

3. Dapat meningkatkan performa seks Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pala dapat meningkatkan gairah dan performa seks. Dalam sebuah penelitian berjudul “An experimental study of sexual function improving effect of Myristica fragrans Houtt. (nutmeg)”, tikus jantan yang diberi ekstrak pala dosis tinggi (227 mg per pon atau 500 mg per kg berat badan) mengalami peningkatan yang signifikan dalam aktivitas seksual dan performa seksual. Namun, para peneliti masih belum yakin persis bagaimana rempah-rempah meningkatkan libido. Baca juga: 4 Manfaat Kulit Semangka bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Libido Beberapa menduga efek ini karena kemampuannya untuk merangsang sistem saraf. Dalam pengobatan tradisional, seperti sistem pengobatan di Asia Selatan, pala digunakan untuk mengobati gangguan seksual. Namun, penelitian tentang efeknya pada kesehatan seksual pada manusia masih kurang.

4. Memiliki sifat antibakteri Pala telah terbukti memiliki efek antibakteri terhadap strain bakteri yang berpotensi berbahaya. Bakteri, seperti Streptococcus mutans dan Aggregatibacter actinomycetemcomitans, dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Sebuah penelitian tabung reaksi berjudul “Antibacterial Activity of Myristica fragrans against Oral Pathogens” menemukan bahwa ekstrak pala menunjukkan efek antibakteri yang kuat terhadap bakteri ini dan bakteri lainnya, termasuk Porphyromonas gingivalis. Bakteri ini diketahui menyebabkan gigi berlubang dan radang gusi. Pala juga telah ditemukan untuk menghambat pertumbuhan strain bakteri E. coli berbahaya, seperti O157, yang dapat menyebabkan penyakit parah dan bahkan kematian pada manusia. Meskipun jelas bahwa pala memiliki sifat antibakteri, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menentukan apakah pala dapat mengobati infeksi bakteri atau mencegah masalah kesehatan mulut terkait bakteri pada manusia.

Inilah Khasiat dari Air Rebusan Kayu Manis
Bukan hanya sebagai penyedap masakan saja, kayu manis juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, loh. Kayu manis sendiri merupakan ekstrak dari kulit pohon kayu manis. Meskipun manfaatnya bagi kesehatan masih memerlukan penelitian lebih dalam lagi, tetapi banyak masyarakat yang percaya bahwa mengonsumsi air rebusan kayu manis bermanfaat.

Yuk, ketahui lebih banyak khasiat dari rutin minum rebusan kayu manis, di sini!

1.Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian mengatakan bahwa rutin mengonsumsi air rebusan kayu manis dapat menurunkan risiko diabetes. Namun, kamu perlu memperhatikan jenis kayu manis yang digunakan. Kayu manis jenis Cassia merupakan kayu manis yang dinilai paling efektif untuk menghindari penyakit diabetes.

2.Mengatasi Nyeri Menstruasi

Bagi para wanita, nyeri menstruasi yang dialami terkadang membuat tidak nyaman. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi air rebusan kayu manis. Melansir National Library of Medicine, terdapat sebuah penelitian mengenai ini yang dituliskan dalam jurnal The Effect of Cinnamon on Primary Dysmenorrhea: A Randomized, Double Blind Clinical Trial.

Penelitian tersebut berjalan dengan memberikan 3 gram kayu manis dan efek plasebo selama 3 hari pada beberapa wanita. Wanita yang mengonsumsi kayu manis mengalami nyeri haid yang jauh lebih ringan, dibandingkan wanita yang mengonsumsi efek plasebo.

3.Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam kayu manis membuat tubuh menjadi lebih sehat ketika kamu rutin minum rebusan kayu manis. Antioksidan dapat membantu tubuh menghindari paparan radikal bebas yang dapat memicu rusaknya jaringan atau sel dalam tubuh.

Baca juga: Manfaat Kayu Manis untuk Pengidap Diabetes

4.Menurunkan Risiko Peradangan

Kayu manis memiliki kandungan anti inflamasi di dalamnya. Dengan rutin minum rebusan kayu manis, dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh kamu.

5.Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Tubuh

Selain menurunkan risiko peradangan, rutin minum rebusan kayu manis juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Adanya kolesterol baik dalam tubuh membuat jantung juga menjadi lebih sehat.

6.Menurunkan Berat Badan

Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, memiliki berat badan yang ideal juga membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Selain pola makan yang tepat, tidak ada salahnya mencoba untuk rutin minum rebusan kayu manis.

Kandungan dalam kayu manis dinilai mampu mengurangi efek buruk dari makanan tinggi lemak. Selain itu, kandungan anti-inflamasi dalam kayu manis dinilai mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan tubuh untuk mencerna makanan lebih baik.

Itulah beberapa manfaat dari rutin minum rebusan kayu manis. Manfaat rebusan kayu manis akan terasa optimal, ketika kamu melakukannya bersama dengan pola makan tepat dan juga olahraga secara rutin.

Selain itu, hindari mengonsumsi kayu manis berlebihan karena dapat memicu efek samping pada kesehatan kamu. Namun, jika hanya digunakan sebagai bumbu atau perasa, biasanya efek samping tidak akan terjadi.

Baca juga: Ingin Diet, Ganti Bumbu di Dapur dengan Rempah Lezat

Segera kunjungi rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan ketika kamu merasakan adanya keluhan kesehatan yang tidak nyaman. Pemeriksaan yang dilakukan lebih dini tentunya membuat pengobatan lebih mudah dilakukan.

Gula aren banyak sekali digunakan dan menjadi substitusi dari gula putih atau gula tebu karena gula aren lebih aman bagi tubuh Anda. Selain itu juga, pengguna diabetes juga bisa mengonsumsi gula aren tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya layaknya gula putih. Supaya Anda bisa mengenali apa saja manfaat gula aren maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Asal Usul Gula Aren
  2. Kandungan Gula Aren yang Harus Diperhatikan
  3. 12 Manfaat Gula Aren (Gula Merah) Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Mengatasi Anemia
Menangkal Radikal Bebas
Sumber Energi Tambahan
Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Melancarkan Pencernaan
Menjaga Kesehatan Tulang
Membantu Pertumbuhan Sel
Menjaga Sistem Syaraf
Meningkatkan Daya Ingat
Mengatasi Bau Mulut yang Kurang Sedap
Mengatasi Sakit Tenggorokan
Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

  1. Batasan Aman Konsumsi Gula Aren (Gula Merah) di Rumah
  2. Asal Usul Gula Aren
    Gula aren dikenal sebagai gula alami karena memerlukan proses pembuatan yang minimum dan tidak menggunakan bahan kimia. Gula aren biasa digunakan dalam pembuatan masakan Asia Selatan dan Tenggara. Selain itu, manfaat gula aren juga banyak terutama untuk kesehatan.

Gula aren (gula merah) adalah pemanis yang terbuat dari nira dari berbagai varietas pohon aren, seperti kelapa, arenga, aren, dan nipa. Nira dari pohon kelapa dipekatkan melalui proses pemanasan untuk menghilangkan kadar air. Setelah diperoleh sirup yang kental, selanjutnya dicetak dan ditunggu hingga dingin. Pembuatan gula aren mudah dan dapat dilakukan dengan peralatan yang sederhana.

Sebagian konsumen mengira bahwa gula aren adalah gula merah karena warnanya. Padahal sebenarnya gula merah berbeda dengan gula aren. Gula aren diproduksi tanpa menambahkan gula tebu atau tetes tebu. Sedangkan pada gula merah proses pembuatannya ditambah dengan gula tebu.

  1. Kandungan Gula Aren yang Harus Diperhatikan

Gula aren telah dikenal sebagai pemanis yang fenomenal. Manfaat gula aren dipercaya lebih menyehatkan karena mengandung lebih banyak nilai gizi dengan indeks glikemiks lebih rendah dibandingkan gula pasir. Kandungan indeks glikemiks yang terdapat pada gula aren perlu diperhatikan karena apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat tubuh menjadi ketagihan dan akan memicu penyakit diabetes.

Indeks glikemiks adalah ukuran seberapa cepat suatu makanan dapat meningkatkan kadar gula, semakin rendah nilai indeks glikemiks maka akan semakin lambat kenaikan kadar gula tersebut. Gula aren juga mengandung beberapa nutrisi lain seperti zat besi, seng, kalsium, kalium, bahkan antioksidan. Akan tetapi, jumlah gizinya tidak seimbang dengan makanan lain yang lebih kompleks seperti buah-buahan dan sayuran.

Mirip dengan gula pasir, gula aren memiliki kandungan kalori yang tinggi. Oleh karena itu bagi penderita diabetes harus membatasi asupan gula aren. Meskipun manfaat gula aren begitu banyak, bagi penderita diabetes dan orang yang sedang diet sebaiknya membatasi konsumsi gula aren.

Itulah kandungan gula aren atau gula merah yang perlu Anda ketahui. Sama halnya dengan membeli rumah, apabila Anda sedang mencari rumah, ketahui dulu kriteria, lokasi, dan informasi lainnya. Cari rumah aman status SHM di Kota Depok? Cek daftarnya di sini.

  1. 12 Manfaat Gula Aren (Gula Merah) Bagi Kesehatan dan Kecantikan
    Dikutip dari Health News, ada banyak sekali manfaat gula aren yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat manfaat gula aren. Ini dia 12 manfaat gula aren yang perlu Anda ketahui:
  2. Mengatasi Anemia
    Manfaat gula aren dapat mencegah anemia. Gula aren memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dapat bermanfaat bagi penderita anemia. Selain itu, gula aren juga mengandung vitamin B1, B2, B6, dan B12. Gula aren dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Serta dapat meregenerasi peredaran aliran darah dalam tubuh. Dengan mengonsumsi gula aren secara teratur dapat mencegah anemia dan membantu menyembuhkan sindrom polikistik ovarium (PCOs) pada wanita.
  3. Menangkal Radikal Bebas
    Kandungan antioksidan dalam gula aren juga bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi gula aren dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab bagi penuaan kulit. Kandungan antioksidan polifenol dalam gula aren menyebabkan manfaat gula aren dalam membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit utama lainnya.
  4. Sumber Energi Tambahan
    Seperti halnya gula pasir, gula aren juga merupakan sumber karbohidrat yang artinya dapat menjadi sumber energi. Manfaat gula aren jika dikonsumsi dapat memberi tubuh Anda energi yang dibutuhkan untuk bergerak dan beraktivitas.
  5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Manfaat gula aren selanjutnya dapat meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh. Rasa manis gula aren mampu membuat suhu tubuh meningkat menjadi hangat. Selain itu, secara implisit gula aren juga dipercaya dapat membantu memperlancar peredaran darah, mengurangi nyeri, dan memperkuat limpa.
  6. Melancarkan Pencernaan
    Gula aren mengandung serat makanan yang disebut inulin yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat inulin dapat membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral tubuh Anda. Gula aren dapat dikonsumsi sebagai pemanis pada teh herbal yang disajikan untuk melancarkan pencernaan.
  7. Menjaga Kesehatan Tulang
    Gula aren mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu mangan. Mineral ini membantu kesehatan tulang dan dapat mengurangi resiko osteoporosis. Gula aren juga berpotensi mengurangi beberapa faktor resiko diabetes seperti resistensi insulin.
  8. Membantu Pertumbuhan Sel
    Gula aren mengandung 16 asam amino. Asam amino adalah bahan esensial untuk pembentukan protein dan dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Sel yang tumbuh kembali akan membuat tubuh menjadi terlihat lebih segar dan tampak awet muda.
  9. Menjaga Sistem Syaraf
    Dikutip dari laman WebMd, gula aren memiliki kadar kalium yang lebih tinggi dari sayuran hijau dan pisang. Kalium diperlukan untuk menjaga aktivitas sistem syaraf yang baik, seperti kontraksi otot dan detak jantung yang teratur. Mengonsumsi kalium yang cukup juga dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi. Orang-orang yang memiliki kadar kalium sedang terbukti kurang rentan terhadap serangan jantung.
  10. Meningkatkan Daya Ingat
    Manfaat gula aren baik untuk meningkatkan daya ingat serta meredakan kelelahan. Anda dapat mencampurkan gula aren ke dalam susu hangat dan diminum sebelum tidur. Minuman ini akan bekerja sebagai obat alami untuk meningkatkan daya ingat dan membuat tubuh Anda rileks.
  11. Mengatasi Bau Mulut yang Kurang Sedap
    Manfaat gula aren dalam mengatasi bau mulut. Bau mulut bisa terjadi karena bakteri terselip di gigi dan gusi setelah makan. Gula aren akan membuat nafas Anda tetap harum dan memastikan kesegaran nafas Anda. Jangan lupa juga untuk secara teratur membersihkan gigi Anda dengan menggunakan dental floss supaya menghilangkan aroma yang tidak sedap.
  12. Mengatasi Sakit Tenggorokan
    Cuaca dingin dapat menyebabkan gangguan kesehatan, termasuk sakit tenggorokan. Gula aren merupakan cara yang cepat dan tepat untuk meredakan sakit tenggorokan. Tambahkan gula aren ke dalam campuran segelas air hangat dan lada hitam lalu aduklah hingga merata, minum pada malam hari secara teratur hingga tenggorokan kembali lega.
  13. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih
    Manfaat gula aren lainnya yaitu dapat dapat meredakan masalah infeksi saluran kemih, menyembuhkan rematik, gangguan ginjal, dan masuk angin. Anda cukup menambahkan gula aren ke dalam secangkir susu hangat. Kandungan anti inflamasi yang terdapat di dalamnya akan membuat saluran kemih menjadi lebih sehat dan sekaligus menyembuhkan infeksi yang ada.
  14. Batasan Aman Konsumsi Gula Aren (Gula Merah) di Rumah

Gula aren merupakan pemanis alami yang memiliki sumber vitamin dan mineral yang baik. Gula aren dapat digunakan di semua resep masakan tradisional dan teh herbal sebagai pengganti gula pasir. Penggunaan gula aren mungkin akan menyebabkan warna masakan lebih gelap dan rasanya mungkin sedikit berbeda tetapi tidak akan berubah secara drastis.

Meskipun manfaat gula aren beragam karena kaya nutrisi dan menjadi pengganti gula pasir yang bagus. Anda harus menggunakan gula aren secukupnya karena gula aren adalah gula yang pekat dan memiliki kadar fruktosa yang tinggi.

Sebaiknya Anda mengonsumsi gula aren dalam jumlah sedang. Sebagai contoh, laki-laki berusia dewasa membutuhkan setidaknya maksimal 37.5 gram gula setiap harinya dan untuk wanita adalah sebesar 25 gram setiap hari.

Konsumsi berlebihan tidak memberi manfaat gula aren yang berlebih. Sebaliknya dapat menyebabkan masalah jantung, menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan dan membuat Anda beresiko lebih besar mengalami obesitas. Gula dapat menyebabkan seseorang menjadi ingin makan secara berlebihan. Orang yang kelebihan berat badan dan obesitas beresiko lebih tinggi terkena berbagai jenis penyakit kronis termasuk diabetes.

Memang betul, gula aren memiliki banyak sekali manfaat seperti yang sudah disebutkan pada artikel ini. Tetapi, Anda harus memastikan bahwa jumlah yang Anda konsumsi masih dalam batasan wajar supaya terhindar dari penyakit berbahaya.

Komponen-komponen Bandrek Abah Asli Ciwidey sangat banyak sekali, jadi jangan ragu lagi untuk meminum Bandrek ini, terima kasih sudah membaca informasi ini yang berjudul Bandrek Abah Asli Ciwidey.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!